Mitos Garis Tangan Bertanda M, Benarkah Istimewa?

Jakarta - Garis tangan yang berbentuk huruf M diyakini masyarakatsebagai tanda keberuntungan. Pemilik garis tangan seperti ini dipercaya memiliki intuisi kuat, dan memiliki bakat sebagai orang sukses.

Sejumlah artikel beredar di jejaring sosial belum lama ini tentang keistimewaan garis tangan yang membentuk huruf M. Sebagian masyarakat mengaitkannya dengan palmistry yaitu seni dalam membaca garis tangan yang oleh sebagian kalangan disebut sebagai pseudoscience atau sains yang semu. Dalam palmistry diketahui bahwa, huruf M terbentuk oleh 3 garis utama yaitu garis jantung/hati, garis kepala, dan garis hidup. Satu garis kecil yaitu garis nasib yang menjadi penghubung antara garis jantung dan garis kepala, sehingga membentuk huruf M yang sempurna.


Mitos Garis Tangan Bertanda M, Benarkah Istimewa?


Dalam dunia kedokteran, garis-garis tersebut telah dikenal dengan istilah palmar flexion crease. Garis jantung mewakili  distal transverse crease, sedangkan garis kepala mewakili proximal transverse, dan untuk garis hidup mewakili thenar crease. Sementara garis nasib sering juga disebut dengan medial crease.

Sementara disisi lain apakah semua orang punya formasi garis-garis tangan yang membentuk huruf M? Menurut survei kecil yang dilakukan oleh salah satu website berita, beberapa orang memiliki garis jantung (distal transversal crease) dan garis kepala (proximal transverse crease) yang menyatu. Karena hanya ada 2 garis utama yang kelihatan, formasi huruf M pada orang-orang tersebut tidak terbentuk.

Meyakini ramalan bahwa garis tangan bertanda M adalah istimewa merupakan suatu hal yang sah-sah saja. Untuk sebagian orang, ramalan positif bisa saja menjadi suatu motivasi tersendiri. Hal Yang perlu dicatat yakni seseorang tidak harus memiliki tanda M di tangannya untuk bisa menjadi manusia yang istimewa.

"Jika ada seseorang yang mengatakan, nasib Anda sangat buruk hanya dengan melihat dan menerawang telapak tangan Anda, maka katakanlah padanya : 'Nasibku tidaklah terletak kepada gerakan tanganku sewaktu di dalam rahim, tetapi gerakan tanganku hari ini dan hari-hari selanjutnya!'," tulis dr Eka dalam sebuah artikelnya.

Bila dilihat dari jumlah perbandingan garis tangan dengan formasi 3 garis utama yang membentuk pola huruf M justru sebenarnya tidak terlalu istimewa. Pembahasan di beberapa forum menyebutnya sebagai formasi paling umum ditemukan. Sekitar 85 persen dari populasi mempunyai formasi tersebut di telapak tangannya.


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top